Minggu, 13 Februari 2011

ENAM KUNCI UNTUK BELAJAR LEBIH CEPAT

Selama bertahun-tahun, para ahli yakin bahwa kemampuan belajar seorang
individu merupakan kapasitas yang sudah ditetapkan,Walaupun demikian,dalam
dua dasawarsa yang terakhir para ahli psikologi dan pendidik termuka
berpendapat yang sebaliknya.Kita mendapatkan bukti yang makin banyak bahwa
kecerdasan manusia bisa dikembangkan,kata Jack Lockhead, direktur
Cognitive Development Project di Universitas Massachusett di Amherst.Kita
tahu bahwa dengan ketrampilan yang semestinya orang benar-benar bisa
meningkatkan kemampuan belajarnya.
Lebih-lebih, ketrampulan ini sifatnya cukup mendasar sehingga hampir setiap
orang bisa menguasainya dengan latihan. Di bawah ini, dikumpulkan gagasan
dari para ahli di seluruh Amerika, ada enam (6) cara yang sudah terbukti
keampuhannya untuk memperbesar kemampuan belajar Anda antara lain:
1. LIHATLAH GAMBAR BESARNYA LEBIH DAHULU.
Jika kita membaca suatu bahan yang baru dan belum dikenal,jangan menceburkan diri langsung ke dalamnya.Anda bisa meningkatkan pemahaman dan pengingatan kalau Anda lebih dulu melihat selayang pandang garis besarnya.Lihatlah semua subjudul, keterangan foto dan ringkasan yang ada. Dengan laporan atau artikel,bacalah kalimat pertama setiap paragraph,dengan buku,lihatlah daftar isi dan bacalah kata
pengantarnya.Semua tinjauan selayang pandang awal ini akan membantu Anda menanamkan dalam benak Anda apa yang kemudian akan di baca.
2. PERLAMBATLAH KECEPATAN DAN BERBICARALAH KEPADA DIRI SENDIRI.
Membaca cepat mungkin bagus untuk bahan yang mudah,tapi membaca lebih lambat akan jauh lebih efektif untuk menyerap hasil karya yang lebih rumit dan menantang.
Arthur Whimbey dan Jack Lochhead,para pengarang buku teks untuk sekolah
lanjutan atas dan perguruan tinggi Problem Solving and Comprehension,telah
memisah-misahkan tiga perbedaan dasar dalam hal bagaimana cara pelajar yang
baik dan yang buruk mempelajari sesuatu:
(a)Pelajar yang baik menyuarakan bahan yang dipelajarinya, perlahan-lahan
atau dengan keras.Mereka memperlambat kecepatan membacanya,mendengarkan
setiap kata sementara mereka membaca.
(b)Pelajar yang baik,jika mendapat hambatan, secara otomatis membaca
kembali sampai bisa memahami bahannya.Sebaliknya,pembaca yang buruk terus saja
membaca walaupun tidak menangkap maksudnya pada kesempatan pertama.
(c)Pelajar yang baik menjadi terlibat secara aktif dengan informasi baru.
3. BERLATIHLAH DALAM TEHNIK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT.
Ketika saya berumur delapan tahun dan tidak dapat mengeja Caranya adalah menciptakan petunjuk visual yang akan membuat bahan yang tak dikenal menjadi mengandung arti bagi anda.
4. SUSUNLAH FAKTA SECARA KATEGORI.
Dalam suatu penelitian di Universitas
Nahdatul Wathan (UNW)Mataram para mahasiswa diminta mengingat-ingat 112 kata.Ini mencakup nama binatang, jenis pakaian,tipe alat angkutan,dan pekerjaan.Untuk satu kelompok,kata-kata ini dibagi menjadi empat kategori.Untuk kelompok kedua,
kata-kata ini didaftar secara acak.Mereka yang mempelajari bahan ini dalam
kategori yang tersusun secara konsisten mengungguli lain-nya,bisa
mengingat-ingat kata-kata sebanyak dua sampai tiga kali lipat dengan cara sbb:
(a)Mencoba mencernakan informasi dalam satu gumpalan itu sulit,kata Thomas R
Trabasso,professor pendidikan dan ilmu perilaku di Universitas Chicago.
(b)Dengan menganalisis bahan baru dan membaginya ke dalam potongan-potongan
yang bermakna,kita membuat belajar lebih mudah.
5. PUSATKAN PERHATIAN ANDA.
Lain kali kalau anda menghadapi bahan baru yang perlu Anda kuasai,tanyakan kepada diri sendiri:Apa yang ingin saya pelajari dengan membaca ini,dan bagaimana saya akan memetik manfaat dari pengetahuan yang saya peroleh.Dengan mengatakan kepada diri sendiri apa manfaat belajar bagi kita,kita mengurangi penolakan terhadap kegiatan belajar dan menjadi pelajar yang lebih baik.
"Scalpone" menyarankan empat teknik lagi untuk meningkatkan kemampuan
konsentrasi dan memusatkan perhatian sbb:
(a)Tetapkan waktu dan tempat untuk belajar.Angkat telepon dari haknya;
tutup pintu.Dengan menetapkan lingkungan,Anda menciptakan harapan bahwa kegiatan
belajar akan berlangsung dengan baik.
(b)Lawanlah segala hal yang mengalihkan perhatian.Jangan malu-malu untuk
menggantungkan tanda "Jangan Ganggu" di pintu.Anda punya hak atas waktu
Anda.
(c)Cobalah berbagai metode belajar.Membuat bagan,membuat catatan,menyusun
garis besar,bahkan bicara ke dalam tape recorder adalah teknik belajar yang
bisa meningkatkan konsentrasi.Gunakan ketrampilan belajar apa saja yang
paling Anda sukai,Jadilah orang kreatif.
(d)Lakukan monitor terhadap kemajuan Anda.Sibuk tidak selalu sama dengan
produktif.Kadang-kadang berhentilah dan tanyakan kepada diri sendiri:
Apakah sekarang ini saya melakukan sesuatu yang bisa membantu pencapaian
sasaran??? Kalau jawabannya ya,teruslah bekerja.Kalau tidak, tanyakan kepada
diri Anda apa sebabnya.Kalau Anda tidak mendapat kemajuan karena ketegangan
atau kelelahan,beristirahatlah tanpa rasa bersalah.Istirahat secara
teratur bisa meningkatkan proses belajar.
6. TEMUKAN GAYA BELAJAR ANDA SENDIRI.
Pendekatan kita terhadap bahan yang tidak dikenal sama unik dan
khasnya dengan diri kita sendiri,dan satu kunci untuk belajar adalah mengenali
dan membiasakan gaya yang paling cocok dengan diri kita.
Bagaimana gaya Anda sendiri???Cobalah lakukan suatu analisis pribadi.
misalnya,pendekatan Anda untuk merakit benda yang tercerai-berai???Apakah
Anda bisa memusatkan perhatian lebih baik di pagi hari atau di sore hari???Di
lingkungan yang bising atau di lingkungan yang tenang???Buatlah daftar semua
ples dan mines yang bisa anda temukan.Kemudian gunakan daftar ini untuk
menciptakan lingkungan belajar yang paling baik bagi Anda.Apa pun gaya yang berhasil bagi anda,ada kabar baik bahwa Anda bisa
mengembangkan kemampuan belajar Anda.Dan hal ini bisa membuat hidup Anda
lebih penuh serta lebih produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar